Dalam Rangka Persiapan Penerapan Tanda Tangan Digital Disdukcapil Kabupaten Sukabumi Lakukan Studi Banding ke Disdukcapil Kabupaten Cirebon

 

 

Kepala Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (disdukcapil) Kabupaten Sukabumi, H. Sofyan Effendy melakukan studi banding ke disdukcapil Kabupaten Cirebon pada tanggal  18 Maret 2019.

Dalam kegiatan tersebut, Kepala disdukcapil Kabupaten Sukabumi membawa jajaran struktural meliputi Kepala Bidang Pengelolaan Informasi Administrasi kependudukan, Kepala Bidang Pelayanan Pencatatan Sipil, Kepala Bidang Pelayanan Pendaftaran Penduduk, Kepala Seksi Kelahiran dan Kematian, Seksi Pengolahan dan Penyajian Data Kependudukan, Kepala Seksi  Sistem Informasi Administrasi Kependudukan, dan Kepala UPTD wilayah Cibadak dan Cicurug Sukabumi.

Tujuan dari studi banding ini adalah untuk melihat teknis pelaksanaan tanda tangan digital dalam pelayanan pembuatan kartu keluarga dan akta kelahiran yang sudah berjalan di disdukcapil Kabupaten Cirebon.

“Kami mengagendakan studi banding ini untuk melihat sejauh mana teknis pelaksanaan tanda tangan digital yang sudah berjalan di lingkungan disdukcapil Kabupaten Cirebon, sehingga apa yang bisa kami pelajari dari kegiatan hari ini bisa langsung kami terapkan di disdukcapil Kabupaten Sukabumi, sekaligus melakukan sharing dan diskusi dengan jajaran disdukcapil Kabupaten Cirebon dalam upaya meningkatkan pelayanan dan kemudahan bagi masyarakat dalam membuat akta kelahiran dan kartu keluarga melalui tanda tangan digital ini.” Ujar kepala disdukcapil Kabupaten Sukabumi.

Tanda tangan digital ini sendiri merupakan kebijakan dari Ditjen Dukcapil Kemendagri untuk memudahkan dalam memberikan pelayanan dokumen kependudukan sehingga setiap orang yang membutuhkan tanda tangan kepala dinas untuk akta kelahiran dan kartu keluarga tidak lagi tergantung pada kehadiran kepala dinas dikantor.

Terkait keamanan dari tanda tangan digital ini ditjen disdukcapil Kemendagri sudah secara resmi melakukan penandatanganan kerja sama dengan Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN) di bidang perlindungan dan keamanan data kependudukan pada tanggal 31 Januari 2019. Sehingga data kependudukan dan tanda tangan digital kepala dinas terjamin dari sisi keamanan datanya.

(PIAK/PNY)